Subscribe:

Pages

February 13, 2011

Valentine dan Remaja


Islam Inspiring Love for Teens
Judul di atas adalah tema talk show yang saya hadiri pada hari ahad(13 februari 2011) di Aula inspektorat. Acara tersebut ditaja oleh Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia, Pekanbaru. Pembicaranya ada dua orang yaitu dr.Wiwik Rahayu Wirasto, M.kes dan Hilma Malini, SE.Ak dalam rangka menyambut hari valentine tanggal 14 februari.
Sebagai undangan, saya pergi dengan tiga orang siswi saya, tidak ada siswa (namanya acara muslimah...hehehe). acara itu cukup bagus, bisa membuka wawasan remaja putri tentang valentine karena mereka pernah merayakannya tetapi tidak tahu untuk apa dirayakakannya valentine.


Ada beberapa pertanyaan yang menarik dalam talk show tersebut, diantaranya yaitu:
  • Bagaimana kalau ada teman yang memberikan hadiah valentine?
Sebenarnya Islam menganjurkan untuk memberikan hadiah kepad teman dan saudara kita seperti hadist Rasulullah SAW yang berbunyi "Kalian harus saling memberi hadiah, maka kalian akan saling menyayangi".
Selain itu menurut Ibnu Taimiyah apabila kaum muslim diberi hadiah pada hari-hari raya kaum kafir yang tidak lazim seperti dihari-hari lainnya maka hadiah tersebut tidak boleh diterima, apalagi jika hadiah tersebut termasuk yang bisa mendukung perbuatan tasyabuh (menyerupai/ meniru) kepada mereka.
  • Kenapa banyak orang yang merayakan valentine?
Ada beberapa alasan orang merayakan valentine diantaranya karena memiliki perasaan cinta (trus kalau tidak merayakan berarti tidak ada cinta ya?...banyak cara mengekspresikan cinta lho, tidak harus dengan valentine kan?). Alasan yang lain karena ingin membuktikan rasa cinta kepada pasangan....(emang harus dibuktikan dengan cara apa?)....dan alasan yang terakhir agar pasangan tambah cinta (duhhhh...hati-hati kebablasan ya..)
  • Bagaimana dengan perayaan ulang tahun dalam Islam?
Dalam Islam tidak ada perayaan ulang tahun, Nabi tidak pernah merayakan ulang tahun...umur berkurang kok dirayakan ya? (kata bu Hilma). Kebanyakan dari kita merayakan ultah dengan berfoya-foya, menghabiskan uang sekian juta rupiah. Mungkin lebih baik uangnya disumbangkan aja dan lebih baik kita instropeksi diri ketika umur kita berkurang.
  • Apa hubungan antara momen valentine dengan free sex?
Hmm....ini yang menarik, ternyata menurut dr. Wiwik, ada hubungan antara momen valentine dengan free sex dan narkoba. Beliau mengatakan bahwa pada saat mendekati momen valentine, penjualan kondom meningkat sebesar 300% dan konsumennya adalah remaja ...Nauzubillah...
Berdasarkan penelitian 1 dari 4 remaja Indonesia pernah melakukan free sex. Pada akhir tahun 2008, 63% dari remaja dibeberapa kota besar di Indonesia melakukan seks pranikah (BKKBN). Dan yang lebih mencengangkan lagi aborsi di Indonesia diperkirakan mencapai 2,3 juta pertahun.

Jadi apakah Valentine Day = Making Love Day?
Percaya atau tidak, hal itulah yang terjadi pada remaja kita. Banyak diantara mereka yang terjerumus dan memanfaatkan momen valentine day ini untuk membuktikan rasa cintanya kepada pasangan dalam bentuk berhubungan sex diluar nikah. Untuk itu kita sebagai orang tua, guru, dan masyarakat perlu bersama-sama, bahu membahu...mengingatkan anak-anak kita tentang pengaruh budaya luar yang tidak sesuai dengan Islam dan menyesatkan mereka.
Seperti kita ketahui di Inggris, tanggal 14 februari diperingati sebagai "The National Impotence Day" dan di Amerika tanggal 14 februari diperingati sebagai "The National Condom Week".

Ada tiga modus serangan barat terhadap dunia Islam (3F) yaitu :
1. Fun = kesenangan (musik, film dan hiburan)
2. Funky = Trend ( busana dan gaya)
3. Freedom = Kebebasan berekspresi

Islam adalah agama kasih sayang, dengan Islam mari kita ekspresikan kasih sayang kepada keluarga, teman, tetangga dan orang-orang di sekitar kita. Cara yang paling mudah dengan tersenyum karena senyum adalah sedekah, kemudian sapa (menyapa orang lain dengan kasih sayang dan tutur kata yang lembut) dan salam.....Assalamualaikum wr wb.....:)

Pekanbaru, 13 februari 2011

No comments: